Sabtu, 05 Juli 2014

Memanjat Tower Antena

Belajar Memanjat Tower Antena BLC Telkom Klaten


Pada hari Rabu, 03 Juli 2014 kami yang sedang melaksanakan prakerin di BLC Telkom Klaten mempraktekan teknik dalam memanjat tower yang benar. Ketinggian tower BLC Telkom Klaten yang tingginya mencapai 8 season tidak dapat saya jangkau. Saya mempratikkan memanjat pada sore hari karena keterbatasan waktu.


Langsung saja apa sebenarnya Memanjat tower??

Kegiatan yang cenderung dihindari oleh mayoritas orang. Memanjat Tower adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh seorang teknisi ISP Wireless. Memanjat Tower merupakan pekerjan yang penuh tantangan dan tanggung jawab. Kegiatan ini  membutuhkan kesiapan baik mental maupun fisik.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum terjun ke lapangan dalam memanjat tower seperti :

1.     Kerjasama Tim/Kelompok
Kerjasama dan koordinasi dalam tim sangatlah diperlukan. Dalam kelompok minimal terdapat 3 orang yang bertugas di lapangan :
a.     Penananggung jawab alat bertugas menyiapkan peralatan yang akan dibawa, menanyakan apakah ada masalah dengan a;at-alat tersebut dan mengecek kelengkapan saat akan berangkat dan setelah selesai melakukan pekerjaan.
b.     Pemanjat bertugas adalah memanjat dan memasang alat yang di perlukan di atas tower , dan mengecek setiap satu stage (season). Pemanjat ini  harus benar-benar mengerti titik ordinat, titik permasalahan, akan diarahkan kemana antenna-nya, peralatan yang akan  digunakan , arah angin serta mengerti benar prosedur K3LH
c.      Orang yang terakhir atau ketiga bertugas untuk men-setting serta koordinator tim.

2.     Sebelum memulai, lakukan briefing agar proses dan perintah lebih tertata.

3.     Identifikasi masalah
Dalam memanjat tower pertama kita harus tahu apa yang akan kita kerja kan entah itu memasang antena, mengecek alat, menurunkan antena atau hanya mengecek jaringan

4.     Sikap saling pengertian, perhatian, dan toleransi. Semisal mengingatkan satu sama lain jika terdapat kelupaan alat jangan menyalahkan satu sama lain.

Pada saat pratik lapangan hal yang pelu ;diperhatikan dalam memanjat tower adalah :

1.     Cek kondisi kita, jangan memaksakan diri apabila tidak kuat baik mental ataupun fisik.
2.     Cek kondisi tower (Kuat/Tidak)
3.     Cek Spanner karena kekuatan pipabertumpu pada spanner karena jika tidak  kuat akan mudah goyah akan menganggu koneksi data.
4.     Cek standar keamanan atau keselamatan. Misal Safety (sabuk pengaman) dan cuaca.
5.     Pastikan juga bahwa kita tahu teknik dalam memanjat tower.
6.     Perhatikan jarak spanner. Cara menghitung jarak ideal spanner adalah 1/3 dari tinggi tower dihitung dari dasar tower.


7.     Cara meletakkan spanner adalah pada bagian untuk memanjat tower bagi 2 lalu luruskan. Dan dari panjang masing-masing spanner, jika dihubungkan titiknya akan membuat sebuah lingkaran.

1.     Perhatikan pula hambatan/penghalang pada  kawat. Jika terdapat penghalang bersihkan dari penghalang, karena penghalang dapat mempengaruhi kekuatan kawat, ketahanan kawat sehingga tower juga akan terganggu.

9. Jika terdapat bangunan


10. Perhatikan pula arah angin.
11. Tetap jaga konsentrasi dan fokus.
12. Yang terakhir pasti jangan lupa berdo’a.

Nah, itulah materi yang kami dapat pada Kamis, 03 Juli 2014, memanjat tower J
Sekian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar